Distribusi Baznas Kab. Cianjur Ke Penerima Program Cianjur Cerdas, Cianjur Taqwa Dan Cianjur Peduli
Pendistribusian dan Pendayagunaan Program Cianjur Cerdas, Cianjur Taqwa, dan Cianjur Peduli dari @baznaskabupatencianjur melalui UPZ Kecamatan Cipanas yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cipanas
Kegiatan ini dihadiri oleh :
– Ketua BAZNAS Kab. Cianjur
– Kasi Kesra Kecamatan Cipanas
– Ketua KUA Kecamatan Cipanas
– Ketua dan Pengurus UPZ Kecamatan Cipanas
– Bhabinkamtibmas
– Babinsa
– Kasi Kesra Desa Se-Kecamatan
– 28 Anak Yatim
– 28 Dhuafa
– Dan Tamu Undangan Lainnya
Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas, begitupun dengan UPZ merupakan Unit Pengumpul Zakat yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kabupaten memiliki tugas dalam mengumpulkan zakat dan melayani Muzaki yang betada pada desa dan kelurahan.
Ketua BAZNAS mengatakan dalam sambutannya “Melalui optimalisasi pengempulan secara terukur, optimalisasi pendistribusian dan pendayagunaan demi mengurangi kesenjangan sosial, pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan umat dapat tercapai”.